KPU Garut Bersama SMA 1 Garut Gelar Seminar Politik Bagi Pemilih Pemula


Partnerbhayangkara-Garut-
Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Kabupaten Garut SMA 1 Garut menggelar seminar politik bagi pemula dalam rangka menyosialisasikan proses tahapan Pilkada 2024. Rabu (16/10/24).


Dihadapan para siswa, Ketua KPU Garut Dian Hasanudin menerangkan tentang mekanisme dan tahapan-tahapan berikut jadwal Pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada Tahun 2024.


“Alhamdulilah sangat senang sekali bisa langsung memberikan informasi dan tahapan jadwal Pilkada Tahun 2024 kepada adik-adik kita di SMAN 1 Garut,” ungkapnya.


Dian mengatakan, merupakan tantangan berat terutama bagi penyelenggara berkenaan dengan partisipasi khususnya bagi kelompok-kelompok pemula, Minggu ini penyelenggara terfokus kepada sekolah-sekolah dan minggu depan ke pesantren-pesantren termasuk ke saba Desa tertanggal awal November.


“KPU mempunyai program SABA sekolah yang sedang berjalan, dan ada beberapa sekolah lainnya yang diberikan sosialisasi oleh kawan-kawan penyelenggara lainnya,” kata Dian.


Menurut Dian Hasanudin, adik-adik SMAN 1 Garut terbilang kritis, respon terhadap informasi Pilkada maupun Pemilu kemarin cukup baik apalagi berkaitan dengan isu-isu kritis.


“Dilihat dari segi keterlibatan Gen Z tentunya baik, akan tetapi untuk ukuran kita belum bisa memastikan secara persentase hasilnya, biasanya yang ikut hanya organisasinya saja seperti intra sekolah dan sebagainya sekarang seluruh siswa kelas 12 ikut serta dalam kegiatan”.imbuhnya.


Dalam kesempatan itu pula KPU Garut menyampaikan langsung kepada ratusan siswa/siswi tentang verifikasi aplikasi DPT online melalui smartphone dimana memastikan para siswa SMA 1 Garut sudah menjadi DPT atau belum.


Dian Hasanudin berharap, siswa/siswi SMAN 1 Garut dapat menyosialisasikan kembali kegiatan seminar dilingkungannya agar semuanya berpartisipasi dan menggunakan hak pilih dengan baik pada Pilkada 2024.


“ Kelompok muda ini meskipun mereka mempunyai sudut pandang yang berbeda, kedepannya mereka inilah yang akan menjadi pemilih-pemilih rasional di rentan kalangan usia Gen Z ini,” jelasnya


(Rapi)

أحدث أقدم


Home ADS 2