Bak Proyek Siluman, Proyek Hotmix Jalan di Garut Diduga Tidak Transparan


Patrnerbhayangkara-Garut-
Proyek hotmix di Jalan terusan Ciledug- Pasundan - Jalan Brata Yuda, Kabupaten Garut, Jawa Barat, diduga tidak transparan. Bagaimana tidak, disekitar lokasi proyek ini tidak tampak adanya pemasangan papan/plang informasi yang memuat informasi mengenai sumber dan nilai anggaran, serta informasi lainnya.

Anehnya, plang rambu proyek bekas galian fiber optik masih dipasang, seolah-olah hanya ada satu pekerjaan galian optik. Sementara rambu proyek untuk pekerjaan jalan hotmix tidak ada sehingga terkesan mengelabui masyarakat. 

Salah seorang pejabat di Dinas PU Provinsi wilayah, berinisial D saat dihubungi melalui whatsapp mengatakan, bahwa proyek tersebut merupakan proyek PU Kabupaten, bukan proyek provinsi. Padahal sumber informasi, proyek tersebut milik Sub 1 Provinsi dan orang berinisial D merupakan koordinator.

Awak media juga sempat menanyakan perihal proyek tersebut kepada pegawai penjaga penutup jalan, Ia mengarahkan untuk menghubungi langsung ke Kantor PU Jalan Bayongbong. Tetapi di kantor sepi, yang ada hanya security.

Warga berinisial B mengatakan, seharunya proyek pemerintah dilaksanakan sacara terbuka agar masyarakat mengetahui dan bisa mengawasi.

"Diplang pembatas ditulis pekerjaan galian optik, karena penasaran saya coba masuk ternyata ada proyek hotmix, kok bisa begitu, harusnya juga ada plang hotmix biar terbuka", ujarnya, (8/3/23).

Terpisah, sumber yang enggan ditulis namannya mengatakan, proyek hotmix tersebut dilaksanakan oleh pemborong papan atas di Kabupaten Garut.

"Pemborongnya papan atas, jangankan preman, APH sekalipun enggak berani nyentuh", ujar sumber yang mengaku teman sekolahnya dulu.


(Red)

أحدث أقدم


Home ADS 2