Senkom Mitra Polri Serahkan Bantuan Bagi Korban Banjir Surakarta di Dapur Umum Brimob


Partnerbhayangkara-Surakata-
Banjir di Kota Solo dan sekitarnya mengundang empati dan kepedulian dari berbagai pihak. Senkom Mitra Polri yang bergerak di bidang sosial dan kebencanaan menyalurkan bantuan berupa beras dan dua tenda besar bagi warga yang mengungsi di Kelurahan Pucangsawit dan Jagalan, Jebres.

Dipimpin oleh Ketua Umum Senkom Mitra Polri, H Katno Hadi SE MM, bantuan tersebut diserahkan pada Dapur Umum yang didirikan Brimob Batalyon C Pelopor di SD Wonosaren, Pucangsawit, Jebres, dan diterima langsung oleh Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol M Iqbal Alqudussy didampingi Dan Yon Detasemen C Pelopor, Kompol Langgeng Sugito pada Jumat (17/2) petang. 

Adapun dalam menangani banjir dan dampaknya, Kabid Humas mengatakan, jajaran kepolisian terus berkoordinasi dengan berbagai pihak, mulai dari Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, BNPB, Senkom.Mitra Polri dan Tim SAR, PMI dan komponen laimnya. 

Sejauh ini, lanjut Iqbal, pihaknya telah memantau kondisi di lokasi terdampak banjir yakni di Kelurahan Jagalan, Pucangsawit, Kecamatan Jebres. Lalu, di Kecamatan Pasar Kliwon yang berada di Gandekan, Semanggi dan Sangkrah. Sedangkan untuk di Kawasan Kecamatan Serengan terdapat di Kelurahan Joyotakan.

"Sejauh ini kondisinya (pengungsi) sudah ditangani dengan mendirikan tenda darurat. Untuk lebih mempercepat penyusutan air, juga dikerahkan mesin pompa penyedot air. Termasuk juga perahu karet untuk mengevakuasi warga," jelas Iqbal.

Perwira menengah berpangkat melati tiga tersebut juga berkoordinasi dengan Brimob Den C Pelopor dalam suplai pengolahan makanan hingga pengamanan warga yang terdampak banjir.

Ditempat yang sama, Dan Yon Detasemen C Pelopor, Kompol Langgeng Sugito mengatakan, pihaknya menerjunkan 75 personel untuk penanganan bencana banjir di Kota Solo. Personel disebar disejumlah titik  terdampak banjir. 

Terkait pengamanan rumah yang ditinggal penghuni untuk mengungsi, Langgeng Sugito menjamin warga yang meninggalkan rumahnya tak perlu khawatir. Mengingat, anggotanya rutin melakukan patroli di kawasan rumah yang ditinggal pemiliknya dengan menggunakan perahu karet.

Sementara itu Ketua Umum Senkom Mitra Polri, H Katno Hadi SE MM menerangkan, bantuan berupa tenda yang diberikan tersebut merupakan hibah dari BNPT. Dirinya berharap bantuan yang diberikan bisa meringankan beban masyarakat yang terkena musibah.

"Beberapa waktu lalu, kami mendapat hibah dari BNPT berupa tenda pengungsi. Saat ini, kami salurkan untuk masyarakat yang membutuhkan," terang Katno Hadi di Dapur Umum.

Lebih lanjut Katno Hadi mengatakan Senkom Mitra Polri mendapatkan hibah tenda pengungsi sebanyak 14 unit untuk disalurkan ke tempat bencana. Saat ini, sebanyak 10 unit telah berada di wilayah Jawa Tengah. Dimana, seluruhnya akan didistribusikan di wilayah bencana.

"Untuk yang disini, kami salurkan 2 unit. Untuk Jogja 3 unit sedangkan sisanya masih 5 unit nanti didistribusikan ke kawasan Klaten, Wonogiri, Sukoharjo dan Karanganyar," terang owner D' Lawu Bistro & Mountain Cottage, Karanganyar itu.

Sedangkan, untuk bahan makanan pihaknya menyalurkan beras dan mie instan. Tak hanya itu, bantuan tersebut juga akan ditambah dengan telur.

"Karena ini tadi terburu-buru ya, sehingga untuk telurnya nanti kami susulkan," papar pemilik Pabrik Semen Instan U-Bon dan Mortar merapi tersebut. 


(RllS)

أحدث أقدم


Home ADS 2