Satgas Damai Cartenz Tangkap Pimpinan OPM Jemmy Magai Yogi, Sita Ratusan Amunisi


Partnerbhayangkaea-Papua -
Satgas Operasi Damai Cartenz 2024 bersama Polres Dogiyai meringkus seorang Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM), Jemmy Magai Yogi.


Diketahui, dalam organisasi TPNPB-OPM, Jemmy menjabat Kepala Staf Angkatan Darat West Papua Army (WPA) Divisi II Pemka IV Paniai.


Kepala Operasi Satgas Damai Cartenz 2024, Brigjen Pol Faizal Ramadhani mengatakan, penangkapan ini terjadi di depan Kantor DPRD Kabupaten Dogiyai pada hari Rabu (16/10/2024).


Menurut Faizal, Jemmy ditangkap saat sedang melakukan pengiriman amunisi dari Kabupaten Nabire menuju Kabupaten Paniai.


"Tim kami mendapat informasi adanya pengiriman amunisi yang diduga dibawa oleh Jemmy Magai Yogi, Panglima KASAD Divisi II Paniai,” kata Faizal, saat dikonfirmasi, Rabu (16/10/2024).


“Kami kemudian melakukan pencegatan di wilayah Dogiyai dan berhasil menangkap tersangka bersama dengan sembilan orang lainnya," katanya.


Sementara itu, Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz 2024, Kombes Pol Bayu Suseno, menjelaskan penangkapan ini terjadi ketika sebuah mobil Hilux Double Cabin berwarna putih melintas di depan Kantor DPRD Kabupaten Dogiyai.


Saat itu tim gabungan Satgas Ops Damai Cartenz 2024 dan Polres Dogiyai, menghentikan mobil tersebut.


Saat dilakukan penggeledahan, di mobil itu ditemukan sebanyak 104 butir amunisi, yang terdiri dari 56 butir kaliber 5,56 mm dan 48 butir kaliber 7,62 mm.


"Saat ini tersangka bersama barang bukti telah diamankan di Posko Operasi Damai Cartenz 2024, Kabupaten Dogiyai untuk dilakukan pengembangan dan proses penyelidikan lebih lanjut," ujar Bayu.


Bayu menambahkan, Jemmy diklaim memiliki catatan kriminal, diantaranya melakukan pencurian senjata api pada tahun 2015 dan terlibat dalam kontak tembak dengan TNI di Distrik Bibida, Kabupaten Paniai, pada Mei 2024.


"Jemmy Magai Yogi juga merupakan adik dari Damianus Magai Yogi, Panglima KKB Tertinggi West Papua Army," pungkasnya.


(Tim Liputan)

Lebih baru Lebih lama


Home ADS 2