Warga Tulungagung Usia 17-35 Tahun Dapat Kelas Pelatihan Disnakertrans Tulungagung


Partnerbhayangkara-Tulungagung -
Dinas Tenaga Kerja dan  Transmigrasi Kabupaten Tulungagung rutin mengadakan Pelatihan Khusus bagi masyarakat Tulungagung pemula usia 17 sampai 35 tahun. Kegiatan yang bertujuan untuk memberikan bekal keterampilan tersebut bertujuan guna mengantisipasi dan mengatasi pengangguran. Mengingat masih banyaknya pengangguran sehingga Disnakertrans Tulungagung terus bergerak berupaya untuk mengatasinya dengan mengadakan program tersebut. Program Pelatihan tersebut rutin diadakan 2 sampai 4 gelombang dalam setahun. Adapun Kelas Pelatihan yang digelar kali ini meliputi Program Kejuruan Desain Grafis, Menjahit,  Tata Rambut serta jurusan Otomotif. 

Adapun peserta yang mengikuti berasal dari berbagai Desa yang ada di Tulungagung. Mereka memiliki latar belakang yang berbeda,  Rohman salah satu peserta di Jurusan Otomotif yang berasal dari Gondang saat ditemui saat pelatihan mengatakan,," Saya mengikuti pelatihan otomotif ini bertujuan untuk menambah ilmu keterampilan karena sebetulnya saya sudah punya bengkel sepeda motor sendiri, semoga kedepannya program ini terus dilaksanakan.

Kepala Disnakertrans Tulungagung Agus Santoso melalui Sekretaris, Agus Pamungkas saat ditemui Senin (30/9/2024) mengatakan,"Sebagai Dinas yang menaungi Tenaga Kerja kita sudah menstandarisasi alat sarana prasarana dari masing masing jurusan  dan untuk peralatan satu peserta satu jadi tidak gantian, dan tujuan utama kita mengadakan pelatihan ini untuk membekali calon tenaga kerja akan keterampilan keterampilan yang ada pada saat ini sehingga nantinya kalau mereka menerapkan di masyarakat bisa sesuai mode saat ini,

"Tahun 2024 ini ada 13 paket pelatihan yang dilaksanakan di BLK ini dan sudah berjalan mulai bulan Januari untuk itu kami menghimbau pada masyarakat Tulungagung khusus nya yang usia produktif yang belum memiliki tempat kerja dan ingin meningkatkan kemampuan serta maksimal usia 35 tahun ayo kita mengikuti pelatihan sehingga punya keterampilan yang dibutuhkan masyarakat minimal nantinya bisa mandiri, " Pungkasnya. 

Final Abidin selaku Kepala BLK memberikan penjelasan, " Pelatihan kali ada beberapa jurusan yaitu Tata Rias, Menjahit, Otomotif serta Desain Grafis, setiap tahun kita buka kelas baru untuk peserta dan program yang beda adapun peserta kita ambil dari yang sudah mendaftar.

Adapun jumlah peserta setiap jurusan sekitar 16 peserta, mereka mendapatkan bimbingan dari para guru pendidik yang sudah disiapkan oleh pihak Balai Latihan Kerja Disnakertrans Tulungagung. Selain itu mereka juga mendapatkan fasilitas seperti seragam, peralatan praktek, Sertifikat serta uang saku selama pelatihan. Pelatihan tersebut dilaksanakan selama 1,5 bulan sehingga para peserta betul betul bisa mempraktikkan apa yang sudah di didapatkan. 


(Yudi)

Lebih baru Lebih lama


Home ADS 2